Harga Tiket Wisata Jawa Timur Park - Batu Secret Zoo - Eco Green Park - Gunung Bromo - Gunung Ijen - Wisata Bahari Lamongan - Pantai Papuma - Pantai Pasir Putih - Kebun Binatang Surabaya - Batu Night Spectacular - Kawah Putih - Dieng - Borobudur - Prambanan

Saturday, January 31, 2015

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo Terbaru 2016

loading...

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo Terbaru Januari 2016 - Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang menjadi tujuan wisata utama bagi para traveller maupun para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun luar negeri. Gunung yang berada di wilayah Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo ini juga telah menjadi salah satu icon wisata di Indonesia pada umumnya dan di Jawa Timur pada khususnya.

Jika selama ini tarif tiket masuk kawasan gunung Bromo (TNBTS) untuk wisatawan domestik Rp 10 ribu per orang, pada bulan Mei naik menjadi Rp 27.500 per orang. Perinciannya, Rp 25 ribu untuk karcis dan Rp 2.500 untuk asuransi. Tarif tiket masuk gunung Bromo untuk wisatawan mancanegara naik menjadi Rp 217 ribu dari tarif sebelumnya Rp 57 ribu. Angka itu sudah termasuk asuransi. ''Itu untuk hari kerja. Kalau hari libur, beda lagi,'' terangnya.



Ketika hari libur, tarif tiket masuk Bromo naik 150 persen dari tarif hari kerja. Dengan demikian, tarif tiket masuk Bromo untuk wisatawan nusantara menjadi Rp 32.500 per orang, sedangkan wisatawan mancanegara dikenai tarif masuk Rp 317.500 per orang ( termasuk asuransi ).


Ketika disinggung mengenai tingginya kenaikan tarif tersebut, Ayu menduga, sejak PP itu disahkan 16 tahun lalu, belum ada kenaikan tarif. Keputusan tersebut diprediksi berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan dan juga harga sewa jeep / hardtop di TNBTS. “Kemungkinan seperti itu (berdampak, Red),” ujarnya. Karena itu, jauh sebelum tarif baru tersebut diberlakukan, pihaknya intens mengumumkan kebijakan itu kepada masyarakat.

Sebenarnya PP itu sudah ditandatangani presiden. Tapi, sejauh ini, peraturan tersebut belum diundangkan. Karena itu, meski pihaknya telah menerima revisi peraturan tersebut, kenaikan tarif belum diberlakukan lantaran masih menunggu revisi itu diundangkan. Rencananya, proses tersebut dilakukan pada Mei 2014.

Penjelasan Ayu tentang tiket masuk Bromo yang belum pernah naik sejak 16 tahun lalu itu patut dipertanyakan. Sebab, pada pertengahan tahun lalu, tarif masuk Bromo juga naik. Kebijakan yang dikeluhkan wisawatan maupun penyedia layanan jasa di gunung yang terkenal dengan sunrise dan juga pemandangan midnight-nya tersebut saat itu dibelakukan per 1 Juni. Kala itu tiket masuk untuk wisatawan mancanegara naik dari Rp 25.000 menjadi Rp 72. 500. Persentase kenaikan juga berlaku bagi turis lokal, yakni dari Rp 5 ribu menjadi Rp 10 ribu per orang.

Demikian artikel dari saya mengenai Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo Terbaru Juni 2015. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Bagi Anda yang ingin tahu Harga Sewa Jeep di Gunung Bromo, silahkan menuju link di bawah ini :

Harga Sewa Jeep Gunung Bromo Terbaru 2016


Bagi Anda yang ingin tahu Harga Sewa Penginapan dan Hotel di Gunung Bromo, silahkan menuju link di bawah ini :

Harga Sewa Penginapan Villa Hotel Di Gunung Bromo Terbaru 2016

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo Terbaru 2016

7 comments:

  1. Kepada Bapak/Ibu,
    Yang membuat peraturan harga seperti diatas. Miris melihat harga kenaikan yang begitu meningkat tinggi antara wisatawan domestik dan mancanegara.

    ReplyDelete
  2. Apakah dengan cara di atas, wisatawan mancanegara akan bertambah? Apa yang membuat bapak/ibu terhormat membuat perbedaan seperti itu? Seandainya bapak/ibu pergi keluar negeri dan membayar harga yang beda dan begitu tinggi di khusus kan untuk WNI. Bagaimana perasaan bapak/ibu yang terhormat?
    Wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia, sudah membayar harga tiket mahal untuk melihat keindahan Indonesia. Apakah begini cara nya mereka di perlakukan? Seharus nya bukan hanya uang dan uang saja yang di minta, jika bapak/ibu meminta harga yang begitu tinggi, apakah fasilitas yang mereka dapat juga bisa di sesuaikan dengan harga yang mereka bayar?
    Jikalau di berlakukannya harga tiket masuk yang begitu tinggi, saya rasa buat wisatawan mancanegara, mereka akan berpikir ribuan kali untuk datang ke Indonesia dan pada akhirnya siapa yang akan di rugi kan? Bapak/ibu tidak akan merasakan dampak nya langsung....yang merasakan kerugian secara langsung adalah masyarakat Indonesia sendiri yang bekerja dari wisata Indonesia.
    Untuk itu saya sebegai warga negara Indonesia yang merasa di rugikan secara langsung, menghimbau kepada bapak/ibu terhormat untuk mempertimbangkan kembali tentang harga kenaikan ini. Seandai nya pun harga wisatawan domestik dan mancanegara di bedakan, mohon kira nya perbedaan harga yang tidak begitu tinggi.
    Sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terima kasih atas waktu yang di luangkan bapak/ibu untuk membaca comment saya ini. Semoga comment saya ini bisa bapak/ibu pertimbangkan demi menyelamatkan wisata Indonesia yang indah ini.

    Best regards,
    Naurah

    ReplyDelete
  3. sejak kapan bromo milik probolinggo...perasaan bromo milik malang deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara teritorial, Bromo masuk kawasan Probolinggo, namun untuk kantor Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, memang berada di Malang :D

      Delete
  4. Bromo Cemara Lawang dari dulu milik Probolinggo pak, yang punya Malang tuh Tumpang...

    http://www.bromotour-travel.com/

    ReplyDelete
  5. Terimakasih banyak ya blognya sangat bermanfaat bagi semua...


    http://www.wisatabromotravel.com/

    ReplyDelete
  6. LOL
    orang letaknya aja udah di desa sukapura kab. probolinggo.

    ReplyDelete